Home > Uncategorized > TIPS MANCING IKAN BANDENG

TIPS MANCING IKAN BANDENG

Memancing ikan bandeng memang punya sensasi tersendiri, untuk ukuran ikan empang, tarikan bandeng bisa menjadi luar biasa sensasinya. Tidak aneh jika sering terjadi joran terseret ikan jika kail telah kena sasaran (strike) tanpa kita ketahui, perlu extra waspada agar joran tidak terbawa ketengah kolam/empang.Saat strike pun bisa jadi sensasi lagi, ikan bandeng bisa tiba-tiba meloncat dan berenang kesana-kemari dengan kecepatan tinggi, senar pancing bisa saling sangkut antar para pemancing dan bisa menjadi kusut, ini cukup merepotkan. Perlu keahlian Driving/pengendalian joran terhadap tarikan ikan bandeng. Begitu juga saat ikan sudah kita dapat, ikan bandeng masih tetap bandel dan melawan dengan liar saat masih tergantung di tali pancing, ikan bandeng bisa meronta dengan keras dan kadang lepas dari mata kail yang akhirnya tercebur lagi ke kolam. Sering juga terjadi ikan lepas dan jatuh ketanah, jika hal ini terjadi, anda harus waspada karena tanpa sadar anda bisa ikut tercebur juga karena mencoba menangkap bandeng yang menggelepar-gelar ditanah.
Persiapan apa saja yang perlu anda bawa jika akan berburu/memancing ikan bandeng.

  1. Bawa Sunblock (lotion), Topi (kalo perlu payung yg bisa ditancapkan ditanah), Kaos lengan panjang atau gunakan manset (untuk lengan) jika anda hanya menggunakan kaos lengan pendek. Kacamata Hitam. Hal ini minimal diperlukan, karena tidak seperti tempat pemancingan ikan mas, pemancingan bandeng umumnya terletak dipinggir laut yang puanasnya minta ampun.
  2. Bawa minimal 2 joran, jika ada masalah seperti kusut dengan pemancing lain, putus atau lainnya, anda tidak kehilangan moment strike.
  3. Bawa Minum yang banyak, supaya tidak dehidrasi atau anda teriak-teriak pesan minuman ke pemilik kolam.
  4. Siapkan Kain Lap atau sarung tangan, supaya ikan bandeng yang kita dapat tidak mudah lepas. Sarung tangan bisa anda pakai ditangan sebelah kiri/kanan sedangkan tangan yang lain untuk memegang joran atau memasang umpan.
  5. Bawa duit yang cukup, jika anda sedang mujur strike, dompet anda bisa terkuras, umumnya memancing ikan bandeng dibayar dengan cara kilo-an.
  6. Bawa Timbangan portable berukuran kecil, sehingga anda bisa mengira-ngira kapan anda harus berhenti menarik bandeng . Jangan sampai tidak punya uang untuk ongkos pulang (he…he.he.he).

Tips ukuran mata kail dan umpan bandeng.
Mulut ikan bandeng tidak sebesar mulut ikan mas, mulut ikan bandeng kecil dan lebih sensitif. Gunakan matakail yang berukuran kecil (diameternya antara 5mm s.d 7,5mm), bulatan umpan jangan terlalu besar, anda bisa mengira-ngira sendiri. Pasang umpan berbentuk bulatan diujung matakail.

Tips Rangkaian mancing bandeng.

Anda bisa menggunakan rangkaian ber-pelampung atau dengan rangkaian glosor dengan 2 atau 3 matakail. Yang perlu anda perhatikan adalah jarak matakail ke permukaan air. Ikan bandeng bermain ditengah-tengah kedalaman atau sering juga didekat permukaan air, usahakan jarak antara matakail dan permukaan antara 15cm-20cm, atau anda bisa coba-coba mengatur jarak matakail tersebut. Jangan lupa, usahakan agar senar tidak mengambang diair, (tenggelam) karena jika angin cukup besar senar akan terbawa riakan air dan menyebabkan senar menjadi tidak sensitif terhadap tarikan ikan bandeng.
Tips mendeteksi keberadaan ikan bandeng.

Ikan bandeng biasanya menelusuri kolam/tambak dengan bergerombol, seringnya melewati pinggir kolam. Tidak seperti memancing ikan mas, kita harus sering berpindah posisi jika umpan yang kita lempar tidak disentuh ikan bandeng dengan waktu yang cukup lama. Perhatikan kecipakan ikan bandeng, biasanya disanalah mereka berkumpul.
Tips mendeteksi tarikan ikan bandeng.

Ikan bandeng kadang menyambar umpan saat lemparan umpan jatuh ke air, kadang juga di-emut2 dulu baru dimakan, atau kadangdisundul-sundul agar umpan rontok. Jika anda menggunakan pelampung, perhatikan saja jika pelampung sudah berputar-putar, jangan terburu nafsu menarik joran, tunggu sampai pelampung mulai bergeser seperti sedang dibawa ikan atau jika pelampung sudah mulai tenggelam baru jentak joran. Jika anda menggunakan rangkaian glosor, setelah melempar umpan, gulung reel perlahan agar senar tidak kendor. Jika senar anda seperti terseret ikan artinya umpan sudah kena sasaran. anda juga bisa menggunakan jari telunjuk untuk merasakan getaran jika umpan dimakan ikan.
Tips Memancing bandeng jika angin bertiup kencang.

Karena lokasi pemancingan bandeng umumnya tidak jauh dari pinggir laut, biasanya angin cukup kencang, hal ini bisa menimbulkan riak gelombang di tambak. Jika hal ini terjadi hindari penggunakan rangkaian berpelampung, coba saja dengan rangkaian glosor.

Jika anda tetap ingin menggunakan pelampung, coba berpindah posisi dan cari lokasi dengan riak gelombang yang tidak terlalu besar dan membelakangi arah angin sehingga lemparan umpan anda sesuai dengan arah angin. Jangan melempar umpan ke arah air yang beriak/gelombang besar, lempar saja sekitar 15 s/d 30 cm dari pinggir kolam, biasanya riak air tidak terlalu besar dan juga bandeng biasa hilir mudik dipinggir tambak.
Umpan mancing bandeng

Tidak ada salahnya kita menggunakan umpan seperti kebiasaan makan yang diberikan pemilik kolam/tambak (bisa roti atau pelet). Membuat umpan bandeng tidak terlalu sulit dan jangan terlalu neko-neko. Saya biasanya menggunakan campuran Pelet Jitu (2 sachet) + Kinoy Crystal (1 Sachet) + Kuning telor Asin, cara membuatnya: pelet jitu dituangkan sedikit air panas, masukkan kinoy crystal, setelah adonan tercampur, kemudian masukkan kuning telornya, air jangan terlalu banyak, sehingga adonan tidak terlalu lembek ataupun terlalu keras. Setelah umpan jadi, tempatkan di kantong plastik (transparant) atau box plastik yang tertutup (yang penting tidak bau plastik), kenapa harus ditempatkan khusus ? logikanya agar umpan tidak cepat mengering karena panas teriknya kolam/tambak.
Saya juga pernah mencoba menggunakan umpan Pandan wangi (bungkus luarnya dari kertas berwarna coklat, ada tulisan PANDAN WANGI), warna serbuknya Hijau. Saya campur dengan air panas tanpa campuran apapun. Anehnya ikan bandeng juga tetap mau menyambar.

Jika anda merokok, usahakan agar umpan tidak tercemar bau rokok (biasanya tangan anda akan berbau rokok saat memulin umpan ke mata kail), siapkan lap basah untuk menghilangkan bau rokok ditangan anda tersebut sebelum memasang umpan kekail.
Faktor-faktor lain yang berpengaruh

Ikan bandeng hidup antara air asin & tawar, jika habis turun hujan bisa menyebabkan air tawar menjadi lebih banyak dari pada air asinnya sehingga Nafsu makan ikan bandeng menjadi berkurang, umpan sehebat apapun jika ikan kurang nafsu makan, jangan berharap strike bisa cepat. Pasang surut air laut juga berpengaruh, saat sedang surut biasanya kedalaman air di tambak terlalu rendah sehingga ikan bandeng rada sulit didapat. Coba saja cari lokasi yang memiliki kedalaman yang cukup.
Waktu mancing yang baik

Cuaca tidak mendung alias cerah, umumnya jika tidak ada sinar matahari, ikan bandeng kurang bernafsu/malas. Jam yang baik untuk memancing bandeng jika sinar matahari sudah menyorot adalah sekitar jam 9 pagi dan jam 3 sore.
Demikian sekilas info bagi yang ingin mencoba memancing ikan bandeng.

About these ads
Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: