Home > Uncategorized > Tips-Tips Untuk Cupang Anda

Tips-Tips Untuk Cupang Anda

Yang pertama saya ingin memberikan tips bagaimana kalau ikan cupang anda sakit :

– Siapkan Air 1/2 Liter.
– Garam dapur atau Garam ikan (2 sendok makan).
– Bliz Id atau Methaline blue (5 tetes).
– Tetra Clor 5 kapsul .
– Pomate 1 mg.
– Semuanya diaduk menjadi satu didalam botol aqua 1/2 liter.
– Botol air minum mineral, tutupnya dilubangi dan ditaruh selang.
– Kemudian air yang ada di botol air mineral diberikan 2 tetes saja setiap akuariumnya

Ikan anda akan berangsur-angsur sembuh dan menjadi sehat
*Teknik tersebut dapat diberikan kepada ikan uang sehat untuk pencegahan atau ikan yang sedang bertelur, agar anak dari ikan yang bertelur itu tidak ada yang mati.

Cara memilih ikan cupang yang berkualitas

Tips yang kedua ini berisi bagaimana rekan-rekan sesama pen”cupang_Mania” kita harus pandai-pandai dalam hal memilih ikan yang berkualitas,oleh sebab itu tips yang kedua ini harap dibaca dengan baik-baik dan seksama.sudah siap?????

  1. Pilihlah ikan yang ekornya lebar dan seritnya tebal, jangan yang tipis (karena jika tipis mudah terkena penyakit,dan akibatnya seritnya akan menjadi keriting).
  2. Bentuk ekor kalau bisa 180 derajat (biasa disebut a Half Moon), karena perkembangan ekornya akan memanjang (usahakan jangan memilih yang ekornya kurang lebar),karena sewaktu ikan itu berkembang manjadi besar antara ekor dan siripnya ada celah sehingga kurang bagus.
  3. Bentuk ekor seritnys harus sama dan rapi.
  4. Letak Ekor dengan badan ikan harus ditengah benar-benar seimbang, jangan agak menjorok ke atas.
  5. Pilihlah ikan yang badannya besar, jangan yang memanjang, karena memanjang maka pada saat ikan itu berkembang menjadi besar antara ekor dan siripnya akan ada celah.(kurang rapat)
  6. Pangkal ekornya harus tebal, jika tipis maka pada saat perkembangan ikannya tidak menambah lebar dari ekornya.
  7. Pilihlah ikan yang sering/senang bermain di dasar atau tengah air, karena kalau ikan yang sering bermain di atas kemungkinan ekor yang lebar tersebut urat dari seritnya tersebut akan patah.
  8. Jika ikan yang kita sukai sering bermain di permukaan air, caranya agar ikan tersebut tidak bermain di atas adalah sekat yang untuk menutup akuarium ditutup setengah saj (dari atas ketengah), jadi yang terlihat hanya dari bagian tengah ke bawah.
  9. Jika kita memilih ikan warna kombinasi, kalau bisa warna di ekor dan disiripnya sempurna (Tidak berantakan=rapi).
  10. Begitu pula bila memilih ikan warna dasar, jangan ada warna lain dari ikan tersebut kalau bisa dasinya tersebut juga harus sama dengan warna ikannya. Biasanya ikan dalam kategori warna dasar dasinya berwarna merah.
  11. Pilihlah ikan yang serit di siripnya atau ekornya jangan ada yang transparan.

Makanan Cupang


Microworms
Adalah Microscopic worms (nematodes).

Vinegar Eels
Adalah nematodes yang biasa ditemui di cuka. Bentuk mereka lebih kecil dibanding brine shrimp dan sangat baik untuk makanan pertama. Untuk budidayanya anda membutuhkan kontainer yang lebar, cuka apel, potongan apel kecil dan starter Culture. Isi teko dengan campuren tersebut. Taruh ditempat gelap dan tinggalkan beberapa minggu. Untuk membiakkan vinegar eels, anda membutuhkantempat yang lain dan filter kopi. Campurkan satu cangkir eels melalui filter. Campur baik dengan air, tunggu berapa menit dan berikan pada anakan ikan.

Daphnia
Adalah air fleas. Untuk membudidayakannya anda membutuhkan mangkuk air hijau. Ambil dan tambahkan sedikit ke tangki anakan ikan. Daphnia akan memakan seluruh kotoran microscopic, seiring dengan mereka makan, mereka akan mengambang dan sebagai kebalikannya anakan akan memakan mereka.

Baby Brine Shrimp
Tipe udang ini sebenarnya adalah artemia. Artemia adalah embrio yang tadinya tertidur kemudian bangun. Mereka terjadi melalui metamorfosis ketika meraka bebas berenang nauplii. Bayi betta sangat menyukainya. Walau demikian kerberhasilannya diperkirakan 70% dan terkadang gagal sama sekali

Decapsulated Brine Shrimp Eggs
Semua penetasan bekerja untuk anda. Kulit luarnya telah terbuang dan yang tertinggal adalah embrionya, dapat langsung dimasukan ke dalam air dan dimakan untuk anakan ikan.Makanan ini memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibanding Baby Brine Shrimp, karena energi tidak terbuang percuma.

Frozen Meats
Bloodworms, brine shrimp, dan beef heart. Adalah makanan untuk anakan ikan yang lebih besar. Makanan ini baik untuk pertumbuhan dan mereka sangat baik untuk variasi diet.

Live Food
“Live Brine Shrimp”, sangat menyiksa bila harus membuang udan yang mati secara regular atau akan merusak seluruh tangki, anda juga harus menyediakan tangki yang berbeda untuk pembiakan,dan jangan menggabungkan dengan “Blackworms” uang baru, makanan ini sangat bagus untuk anakan ikan yang baru tumbuh walau demikian banyak penyakit yang berkaitan dengan makanan ini.

Freeze Dried
Mirip dengan Bloodworms adalah makanan yang baik. MEreka diproses dibawah kondisi yang terkontrol, sehingga mereka cenderung lebih steril,dan mereka memiliki nutrisi yang lebih tinggi.

Golden Pears
Makanan anakan ikan yangmemiliki protein yang tinggi mirip Brine Shripm. Tersedia dalam berbagai ukuran dalam bentuk pertumbuhan anakan ikan.anakan akan sangat menyukai. Product ini dibuat oleh Brine Shrimp Direct.

Flakes
Brine Shrimp juga tersedia dalam bentuk flake

Hikari Betta BioGold
Nutrisi yang di formulasikan secara komersial.
Berbagai Jenis Makanan Ikan cupang

Cara Mengawinkan Cupang

* Untuk pembiakannya/mengawinkan ikan cupang, pilihlah ikan yang ekornya lebar dan seritnya tebal ,bentuk ekor 180 derajat,badan besar dan ekor memanjang.

* Pilihlah ikan yang terbiasa bermain di tengan atau dasar air (bukan di permukaan air).

* Kombinasi warna cupang yang baik adalah yang di ekor dengan sirip sempura,tidak berantakan.

* Untuk tempat pemijahan,cupang tidak perlu tempat luas. Cukup akuarium kecil, baskom, toples,atau ember plastik. Sebelum dipakai pemijahan, akuarium direndam dengan larutan PK encer sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih, untuk mencegah jamur dan penyakit. dinding digosok dan dibilas air. Air sebaiknya diendapkan dan didiamkan 3 hari sebelum dipakai.

* Suhu yang dibutuhkan 21-31 derajat C, atau standartnya 25 derajat C. Dalam akuarium ditaruh tanaman yang telah dibersihkan. Bisa berupa enceng gondok atau kayu apu.

* Setelah tempat pemijahan selesai, masukan terlebih dahulu cupang jantan, tunggu sampai cupang jantan membuat sarang-sarang busa, jika busa sudah tampak di permukaan air, masukan betina yang sudah matang kelamin. Selang 3-4 hari perkawinan selesai, dan betina menghasilkan 200-400 telur yang sudah dibuahi pejantan.

* Angkat betina kalau sudah selesai bertelur, biarkan jantan di permijahan. betina dipisah agar tidak memakan telurnya sendiri, sementara si jantan dibiarkan ditinggal, karena sangat membantu proses penetasan, usahakan si jantan diberi makanan yang cukup agar tidak memakan telurnya, Dan begitu menetas ,pisahkan pejantan

* Pada usia 2-3 hari, benih tidak perlu diberi makan karena dalam tubuhnya masih terdapat kuning telur. Barulah pada hari ke-4, diberi makan infusaria atau sejenis plankton yang bisa dibeli di toko ikan hias. Pada hari ke-8, burayak bisa diberi makan kutu air. Mengijak usia 1 bulan, anakan cupang harus dipisahkan sendiri-sendiri dalam botol (bisa botol aqua) untuk pembesaran.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: